RSS

New Friendster

20 Aug

Ingat Friendster? Situs jejaring sosial ini begitu terkenal semasa saya masih kuliah dulu. Siapa yang tidak punya friendster saat itu? Friendster menjadi semacam KTP kedua. Ajang pasang foto. Ajang kenalan.

Teman-teman lama dari semasa SD sampai SMU pernah saya temukan disini. Ada yang masih mirip ataupun ada yang sudah berubah mukanya. Dengan situs ini juga saya ‘menemukan kembali’ teman-teman dekat saya yang dulu. Seharusanya saya begitu berterimakasih dengan Friendster. Well, thank you friendster…:D

Namun dalam perkembangan selanjutnya sebuah situs lain lebih bersinar jauh melebihi friendster. Ya, facebook. Jaman sudah berganti. RX King diganti Vixion, dan Honda Grand digantikan Supra X 125. Begitu juga dengan friendster yang harus lengser dan digantikan facebook. Banyak yang beralih, atau katakanlah semuanya beralih ke facebook. “Hi… I’m moving to facebook”; “Add aku di facebook ya”; semuanya sudah memiliki akun facebook.

Pada awalnya saya kurang mengerti apa sih keunggulan si facebook? Secara tampilan sangat standard, jauh dengan friendster yang bisa diganti-ganti interface mukanya. Bahkan banyak link dan gambar lucu terpampang disana. Namun akhirnya saya bisa lebih mengerti. Facebook semacam situs sosial hidup. Berbagai status kita atau teman tampil secara realtime (atau mendekati) dan bisa dikomentari. Foto-foto dan fasilitas tagging-pun ada. Chatting? Seru juga jika bisa chatting saat meluncur di facebook bukan? Lalu ada link ke game online yang terkadang membutuhkan teman-teman banyak untuk mencapai target dari game tersebut. Bahkan saya beberapa tahun lalu sempat ‘teracuni’ oleh salah satu game facebook -mafia wars-. Untunglah sekarang sudah ‘sembuh’ walaupun sudah mengantungi level 820-an disana….astaga.

Beberapa bulan lalu saya masih sempat melihat friendster saya, walaupun tidak setiap kali saya menyalakan komputer. Friendster memang agak berubah, beberapa ‘teman’ yang entah dari mana, tetap menambahkan teman, ataupun meng-update status. Online gaming mulai muncul, tagging foto? rasanya sih mulai ada ya, namun saya lupa. Situs ini mulai berbenah dan mulai meniru facebook walau dengan ‘bajunya’ sendiri.


Namun friendster yang sekarang benar-benar berbeda. Nampaknya friendster telah menghapus semua database penghuninya terdahulu, walaupun tidak untuk akunnya. Semua data dihilangkan, foto dihilangkan. Dan friendster yang baru ini tampaknya lebih fokus ke online gaming seperti yang tertulis pada tab-nya Friendster Play Online Games. Dan memang game-gamenya cukup menarik tetapi fasilitas komunikasinya masih kalah jauh dari facebook… ya itu menurut saya sih.  Hmmm… sampai sejauh mana ya perkembangan friendster yang berupaya menampilkan image baru? Ada yang tertarik untuk pindah kelain hati?

 
2 Comments

Posted by on August 20, 2011 in internet, umum

 

Tags: , , ,

2 responses to “New Friendster

  1. Suzuki Mania

    August 21, 2011 at 18:17

    Iya.. Kenangan testimoni waktu jaman kuliah jadi hilang semua. Malah bnyk avatar kartun. Si friendster pengen disenangi bocah, kali ya?

     
    • jakatimur

      August 21, 2011 at 19:15

      Target marketnya mungkin memang lebih ke ABG😀

       

Leave a Reply

 
