RSS

No$GBA emulator review

01 Apr

Melalui blog bro setya (thanks bro), saya akhirnya mengetahui bahwa Nintendo DS punya emulator yang cukup bagus dan playable. No$GBA emulator. Walaupun tertulis gba, singkatan dari gamboy advanced, namun emulator ini dapat digunakan untuk menjalankan game-game Nintendo DS. Perangkat game dari Nintendo yang mempunyai 2 layar, atas dan bawah. dimana layar yang bawah merupakan layar sentuh yang menggunakan stylus. Sementara bagian “layar sentuh” pada PC menggunakan mouse sebagai medianya.

Ukuran emulator yang kecil (kurang dari 1 mb) memudahkan saya untuk mendownloadnya. Ada beberapa kesan pertama yang saya dapat :

  1. Emulator ini cukup lancar untuk dimainkan pada prosesor core 2 duo, sementara untuk komputer saya di kantor bisa dibilang loading gambar terpatah-patah. kualitas suara sangat tidak baik. alhasil saya hanya bisa bermain di rumah.😀
  2. Tanpa plugin emulator, ukuran layar emulator tidak bisa diperbesar. bahkan cenderung lebih kecil dari layar nds asli. imho. harus menggunakan plugin my zoom ataupun nds2xgl.
  3. Tanpa game saya tidak bisa main apa-apa di emulator ini….. haha.
  4. Mobilitas NDS tidak ditemukan dalam emulator ini. Walaupun bisa dimainkan di notebook atau mini notebook tetap saja perangkat game portable akan lebih ringan dan mudah dibawa.
  5. Untuk beberapa game action atau adventure, memainkan game di keyboard agak menyulitkan. Ada baiknya mencoba dengan gamepad.

Emulator ini memang tak akan bisa sesempurna aslinya. Perangkat yang tepat memang dibutuhkan. Bila memang sudah klop dengan game-game NDS yang ada, tak ada salahnya jika memiliki perangkat aslinya.😀

 
5 Comments

Posted by on April 1, 2011 in games, umum

 

Tags: , , ,

5 responses to “No$GBA emulator review

  1. extraordinaryperson

    April 4, 2011 at 17:53

    saya cuma bisa main emulator game sega😦

    kompi jadul

     
    • jakatimur

      April 5, 2011 at 06:32

      kudu cobain emulator game2 arcade kalau begitu masbro. dari king of fighter sampai street fighter 3

       
  2. Setya5785

    April 19, 2011 at 13:53

    emang lumayan berat bro, karena ga didesain untuk multithreading. jadi punya cpu lebih dari 1 core ga akan terlalu berengaruh. no$gba akan tetap meminat resource 100% 1 core (atau akan dibagi2 kalo punya lebih dari 1, tapi total tetep 100% dari 1 core)

    kalo mo pake no$gba dapat feel NDS pake skin NDS, bisa di cek blog untuk NOZ. untuk addon terbaik (minus skin) aku saranin no$zoomer. ada beberapa fix juga untuk game2 tertentu yang dirender kurang tepat.

    tapi secara garis besar, no$gba sudah 3 tahunan ditinggalkan developer aslinya. versi terakhir 2.6a emmangs udah cukup bagus. tapi ada baiknya beralih ke desmume, emulator open source yang hingga kini masih terus diperbaiki oleh komunitas (daily buil dari code bisa didownload di emucr). kompabilitas emulasi dan fitur sudah mengejar no$gba terakhir (bahkan mungkin sudah meninggalkan jauh).

     
    • jakatimur

      April 19, 2011 at 19:42

      SIAP!! langsung menuju TKP😀

       
    • jakatimur

      April 19, 2011 at 19:43

      Siap!!! Langsung menuju TKP!😀

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: