RSS

The Cruise dengan Star Cruise Virgo (day-1)

08 Mar

Liburan akhir tahun kemarin saya cukup beruntung diajak berpesiar dengan Star Cruise Virgo oleh salah seorang tante beserta keluarga saya yang lain. Totalnya berjumlah 9 orang. Kapal pesiar ini melaut dari Singapura menuju Penang lalu Phuket kemudian kembali ke Singapura.

Cerita saya akan dimulai saat saya sampai di Marina Bay. Pelabuhan yang bagus dan mirip dengan mal atau paling tidak sekelas ITC-lah, lagipula ada tembusan ke mal Vivo City dari Marina Bay. Pendaftaran kembali penumpang sebenarnya dibuka dari jam 14.00, namun sudah nampak yang mengantri sejak jam 12.00 siang. Ada beberapa line, Red dan Blue. Yellow? Ada tidak ya? tampaknya sih memang ada satu line lagi…Lalu antrian saya? Blue line Masih kosong. hehe…Lalu diambil keputusan bahwa beberapa anggota keluarga bergantian mengantri supaya dapat masuk ke kapal dengan cepat.

Saya sempat berjalan-jalan melihat-lihat sekitar Marina Bay, makan di foodcourt, lalu mampir sebentar ke Vivo City,mal yang besar dan panjang mirip dengan MKG kalau di Jakarta. Kemudian kembali untuk mengantri. Saat itu antrian sudah sangat panjang. Untunglah saya dapat giliran terdepan. Begitu line dibuka para pengantri langsung berhamburan layaknya para pengantri minyak tanah. Di counter para mbak-mbak yang cantik memberikan saya kartu yang berfungsi sebagai passcard dan alat pembayaran selama di kapal. Akhirnya selesai sudah acara antri mengantirnya…..sudah….sudah?! Beluumm! Yang tadi hanya antrian untuk mengambil kartu saja! Ternyata ada antrian lagi…huhu dan percayalah ini bukan antrian terakhir. Ini hanyalah permulaan dari serentetan antrian panjang.

Antrian kedua dimulai untuk masuk kedalam kapal. Disini untungnya tidak semembosankan antrian pertama. Memang jauh lebih panjang, namun para penumpang ini juga hanya menjaga tempat saja, mereka belum mempunyai kartu pass. Dan karena saya sekeluarga sudah mempunyai kartu pass, maka diperbolehkan untuk menunggu (mengantri) di ruang yang lebih dalam. Di antrian kedua ini akan ada cek passport (Yak! passportnya dipersiapkan! lepas topi dan pasang tampang semirip mungkin dengan foto yang ada dipassport). Cihuy petugas pemeriksa passport meloloskan saya untuk ikut The Cruise (TC).

Dan akhirnya ini mengantarkan saya untuk mengantri kembali…… dan kali ini passport ditahan oleh kru TC. Mungkin supaya saya tidak kabur ditengah-tengah perjalanan (well, kan bisa aja terjadi bila seorang turis kabur ditempat persinggahan).

Di koridor kapal langsung ada mbak-mbak yang mengarahkan. Lantai 9! Ruang 9007. hehe. Letaknya jauh sekali dari posisi lift. Jauh di paling pojok dan bagian dalam kapal. Maklumlah Blue line passenger. Ruangan cukup untuk 4 orang maksimal. 3 dibawah, 1 diatas. Tanpa jendela, tapi lumayanlah ada gambar jendela terbuka. Kamar mandi cukup kecil, buat yang biasa jogging di kamar mandi harap dilupakan dulu hobinya, karena ruang yang tersedia sangat kecil, kira-kira hanya 1,8 x 1,2 m. Hanya ada wastafel, shower berpintu akrilik, dan toilet.

Saat itu sudah menunjukkan sekitar jam 16.00 sore namun kapal masih juga kedatangan para penumpang. Dari lantai saya saja bisa dibilang ada seratus lebih kamar. Dan di kapal terdapat beberapa sekitar 10-11 lantai walaupun tidak semuanya diisi oleh kamar penumpang. Sekitar jam 18.00 (hmm… atau jam 6 sore kurang ya?) kapal mulai bergerak. Kapal terasa mengayun perlahan, bagaikanย  goyangan gempa skala 4 SR. (Yah ini perkiraan saja sih). Dengan bobot dan bentuk kapal yang menyerupai hotel terapung, goyangan seperti itu bisa dibilang cukup kecil.

Saat itu sebenarnya beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu berupa pendaftaran makan malam bersama kapten pada malam terakhir pelayaran, lalu juga pembuatan star cruise card untuk mendapatkan diskon pada pembelian produk. Hal ini tidak akan diumumkan melalui announcement, berjalan-jalanlah dan lihat serta tanyakan pada kru TC antrian apakah itu.

Sore itu bisa dikatakan adalah sesi perkenalan dengan kapal ini. Di lantai/deck 7, aula utama kapal (Grand Piazza), terdapat patung kuda raksasa, tempat dimana penyambutan para tamu dimulai. Para dancer dan singer menyambut para penumpang dan pada akhir acara mereka mengajak untuk menuju deck 12 dimana terdapat semacam bar berpanggung, the Galaxy of the Stars. Tetapi saya tidak lama-lama disana, karena acara makan-makan sudah dimulai.

Kesempatan makan ‘gratis’ kali ini saya beserta keluarga memilih di Bella Vista. Tipe makanan yang disajikan adalah makanan meja. Pesan dan antar. Sebelumnya akan ditanyakan tipe makanan apa yang disuka, western? chinese? satu lagi apa ya…rasanya indian, pokoknya untuk yang vegetarian only.

Saat itu pilihan saya adalah western food, dan tetap harus antri. Untungnya antrian kali ini tidak harus berdiri berbaris seperti yang sudah-sudah. Cukup lama saya mengantri, mengingat ini adalah makanan meja, bukan fast food. Disini tipenya adalah pesan tempat. Pesan pada kru TC, perlihatkan kartu pass dan ia akan memberikan slip tertera waktu yang dijanjikan, namun…… ternyata saya dan keluarga harus menunggu lebih lama dari waktu yang dijanjikan. Dan setelah lebih dari 1 jam menunggu akhirnya sekitar jam 20.30 saya baru bisa mendapatkan meja kosong.

Wow! tempat ini begitu besar. Kursi-kursi diatur melingkari meja-meja bundar. Ok, sisi sebelah kiri adalah bagian chinese food. Kanan…indian food? dan sisi belakang adalah western food. Bella Vista terletak di sisi belakang kapal dan terdapat kaca besar yang menghadap laut langsung di bagian western food. Makanan disini dipesan, dan diantar. 1 tipe makanan pembuka, 1 tipe makanan utama dan 1 tipe makanan penutup. Pilih yang disuka. Semuanya berbahasa Inggris… hohoho…. saatnya main tebak-tebakan.

Pheww… sudah cukup untuk satu hari? Belum!! Setelah acara makan dilanjutkan ada show di The Lido, semacam panggung teater utama dari Star Cruise Virgo. Saat itu sekitar jam 22.00 malam, acara yang ada berupa juggling disertai komedi. Banyak anak-anak dibawah umur yang menonton. Kids, you should go to bed at these hours….. Sangat menghibur. Show yang ok untuk menutup hari. Hari pertama yang panjang. Yakkk saatnya menuju kamar 9007.. Jauuh ui..

 

 

 

 
6 Comments

Posted by on March 8, 2011 in jalan-jalan

 

Tags: , , ,

6 responses to “The Cruise dengan Star Cruise Virgo (day-1)

  1. si oom as varioputiih

    March 10, 2011 at 16:24

    pertamax dulu oom๐Ÿ™‚
    asiknya maen-maen naik kapal..
    sejauh ini baru berasakan goyangan kapal ferry, hihi

     
    • jakatimur

      March 10, 2011 at 16:42

      iya asik masbro. jadi kepengen lagi kalo udah ada dananya..๐Ÿ˜€

       
  2. erny

    June 21, 2011 at 23:06

    hi, lg cari info soal star cruise nih, mau tanya dong, kapalnya ga terasa goyang kan sama sekali pas uda jalan? takut mabuk laut nih :p

     
    • jakatimur

      June 22, 2011 at 08:36

      goyang sih pasti tapi sedikit sekali. kecuali saat malam ke 2 (saat di tempat tidur) yang bisa dibilang ‘agak terasa’ karena arah angin yang melintang kapal, selebihnya tidak akan begitu terasa apalagi saat jalan2. insyaallah gak akan mabuk laut mbak erny. enjoy the cruise!๐Ÿ˜€

       
  3. erny

    June 22, 2011 at 12:29

    makasih mas buat sharingnya, soalnya akan bawa anak kecil dan baru pertama kali naik kapal.๐Ÿ™‚

     
    • jakatimur

      June 22, 2011 at 19:20

      sama-sama.๐Ÿ˜€ disana ada juga si komedian juggler yang disukai anak2. ada kolam renang khusus anak dan game center. O iya, jangan hanya di kapal aja, sekalian turun ke phuket dan penang.๐Ÿ˜€

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: