RSS

Wisata Museum Kota Tua, Jakarta

26 Feb

Pada hari sabtu, serombongan anak-anak TK beserta saya ( selaku penumpang gelapnya..😀 ) berwisata ke daerah Kota Tua, Glodok, suatu kawasan yang beberapa tahun belakangan ini berkembang menjadi tempat tujuan wisata. Cukup sukses juga upaya pemerintah dan rasanya tidak boleh melupakan jasa para fotografer yang ikut mempopulerkan kawasan ini dalam berbagai fotonya sehingga akhirnya menarik minat orang-orang lainnya untuk mengunjungi tempat ini.

 

Museum Bank Mandiri

Bus pertama kali sampai di museum BI pukul 8.30 pagi. Ternyata baik Museum BI dan Mandiri buka pukul 9.00. Kunjungan pertama kami ke museum Mandiri. Disana sudah disambut oleh pemandu wisata yang ramah dan murah senyum. Dari segi interior dan pencahayaan yang cenderung redup dan menggunakan cahaya alami, museum mandiri mencerminkan arsitektur gedung belanda yang kuat. Berada didalamnya membuat saya merasa hidup di jaman Belanda! Kesan ini diperkuat dengan adanya berbagai mannequin yang mencoba menampilkan suasana bank saat itu. Ada yang sedang duduk mengetik, ada yang sedang menarik peti uang, ada yang berposisi sebagai teller, ada yang menjadi polisi, dan sebagainya.

Bangunan ini benar-benar menampilkan ciri kota tua sesungguhnya! Secara keseluruhan bangunan ini berbentuk seperti kotak dengan adanya taman dibagian tengah. Dan di beberapa sudut terdapat taman main untuk anak-anak.

 

 

Museum Bank Indonesia

Setelah berkeliling di museum mandiri, perjalanan dilanjutkan ke tetangganya, yaitu Museum Bank Indonesia atau Museum BI. Kesan yang didapat sungguh berbeda dengan Museum Bank Mandiri yang cenderung mempertahankan atmosfer jaman dulunya. Museum BI berkesan lebih elegan dan monumental. BI yang sekarang memang berbeda daripada BI yang pernah saya kunjungi beberapa tahun lalu. Arena tangkap koin, pemutaran video, lalu berbagai scenery baik berupa patung maupun berbentuk tulisan yang menarik. Patung di BI disusun bagaikan di panggung, berbeda dengan patung di Mandiri yang ditempatkan langsung pada posisi yang

sebenarnya. Patung-patung ini bagaikan orang asli, ada yang dicat dengan color tone yang sebenarnya ataupun yang seperti perunggu, terkesan klasik dan berkelas, dan didukung dengan suara latar belakang yang menawan.

Dari segi interior BI mencerminkan arsitektur masa kini. Namun saat saya keluar dari area scenery tersebut dan sampa i

di koridor tengah, tampak bahwa bangunan BI berbentuk kotak sama seperti bangunan Mandiri, dan gaya arsitektur kuno Belanda tetap tercermin. Ada suatu tempat dimana BI mengoleksi berbagai mata uang kuno. Bahkan dari uang jaman Majapahit (mungkin saya salah…😀 ) yang berbentuk seperti gumpalan kecil emas berdiameter 1/2 cm. Unik! Terdapat pula berbagai mata uang asing dan mata uang indonesia. Pernah lihat mata uang bergambar Gatot Kaca? Cobalah datang kesini!

Museum Keramik

Terus terang museum ini kurang begitu menarik perhatian saya. Museum ini berisi berbagai koleksi keramik, beberapa dikumpulkan dari bangkai kapal yang karam di perairan nusantara. Satu-satunya yang membuat saya tertarik adalah dengan adanya berbagai koleksi lukisan di sisi kanan bangunan. Salah satunya lukisan mengenai topeng. Unik dan lucu karena digambarkan berbagai topeng dengan berbagai ekspresinya. Secara keseluruhan museum ini cenderung sepi pengunjung dibandingkan dengan museum yang lainnya.

 

Museum Fatahillah

Museum ini yang paling terkenal di kawasan Kota Tua. Bangunan ex benteng dengan penjaranya yang terkenal. Gedung ini mengalami perubahan fungsi berkali-kali, dari balaikota sampai ke museum. Mempunyai beberapa sel tahanan pada sisi bangunan yang menghadap halaman dalam. Bau tidak sedap tercium saat saya berada didepan sel. Saya tidak tahu apakah bau tersebut berasal dari dalam sel atau dari saluran air di depan sel…. O iya. Disini ada patung hermes yang asli, dimana patung ‘kopian’nya bisa dilihat di perempatan Harmoni. Aneh rasanya melihat Hermes yang disunat habis…😀

 

Museum Wayang

Museum ini juga tampaknya telah berbenah dari saat terakhir saya kesini. Gaya arsitekturnya terutama pada lantai dua telah berubah. Cenderung menampilkan interior masa kini. Simple. Menarik. Pada bagian koridor dengan lampu yang dicover sehingga menampilkan cahaya yang berbentuk ukiran. Lalu ada bagian dengan ramp dari lantai dua menuju lantai satu. Unik dan menarik. Sayangnya tidak ada suara latar belakang yang menjelaskan atau mengisi ruang-ruang museum ini.

 

 

Taman/lapangan Fatahillah

Lapangan luas didepan museum fatahillah juga merupakan tempat yang menarik untuk dilihat. Beberapa kali saya berbagai pertunjukan. Permainan cambuk, ondel-ondel, dan ada satu lagi pertunjukan anak kecil (sayangnya saya hanya melihat sedikit sekali). Disekelilingnya berderet sepeda-sepeda ontel sewaan dengan dua pasang topi bagi yang ingin bergaya ala juragan-juragan masa lalu…🙂

Disini juga banyak sekali tukang jual makanan. Rujak bebek, tahu gejrot, es potong dan lain-lain. Harga yang ditawarkan cukup variatif. Untuk air minum sebaiknya dipersiapkan dari rumah sebab memang harganya jauh melampaui harga di mini market.

 
4 Comments

Posted by on February 26, 2011 in jalan-jalan

 

Tags:

4 responses to “Wisata Museum Kota Tua, Jakarta

  1. Arrelian

    March 2, 2011 at 09:36

    Jalan-jalan nih bro? hehehe
    Kompleks Kota Tua emang bagus buat poto2
    Museum yang paling menarik buat gw itu museum bank Mandiri.
    kalo Museum BI, itu yang paling modern fasilitasnya.

     
    • jakatimur

      March 2, 2011 at 09:58

      kalo museum mandiri pas sore-sore menjelang malem perlu keberanian extra brur. bisa2 tuh boneka beraksi kayak di film night at the museum…. hehehe

       
  2. mara

    May 31, 2011 at 09:58

    Aku Punya mata uang bergambar Gatot Kaca? Kalo Ada Yang Minat Aku Mau MEnjualnya Tel:0233884675 Atas Nama KOMARA

     
    • jakatimur

      May 31, 2011 at 11:57

      sukses buat jualannya ya.😀

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: