RSS

Begini lho rasanya naik busway

12 Feb
Setelah bertahun-tahun menggunakan motor sebagai transportasi menuju tempat kerja akhirnya saya sempat merasakan naik busway juga selama beberapa hari ini. Memang bukan pertama kali naik busway, saya juga terkadang (bukan sering) naik busway, namun bukan untuk menuju tempat kerja melainkan untuk jalan-jalan. 

Berbeda memangnya? Beda banget! Beberapa hari ini saya harus bangun lebih pagi, tergesa-gesa menuju halte busway, naik tangga ramp super panjang (namun jauh lebih baik daripada menaiki anak tangga yang dibuat dengan ukuran yang tidak beraturan), berdesak-desak dan mengantri seperti semut di halte. Aktivitas ini diperparah dengan budaya dorong-mendorong. Dari belakang? Ya, tapi kadang juga terdorong dari depan! Inilah jadinya bila halte kurang besar namun menjadi tempat singgah dari berbagai tujuan. Bahkan untuk halte Harmoni yang bagi saya merupakan salah 1 halte busway terbesar.

Saya tidak tahu pengalaman yang lain, tetapi bagi saya pada saat rush hour (jam-jam pergi dan pulang kerja), halte ini sangat tidak layak. Sebagai transit berbagai tujuan, Blok-M, Kota, Kalideres, Lebak Bulus, Pasar Baru, Pulo Gadung; Harmoni tidak mampu menampung penuh sesaknya penumpang. Antrian yang begitu panjang terkadang menghalangi jalan penumpang lain yang ingin mengantri di pintu tertentu ataupun hanya sekedar ingin keluar dari halte bus.

Seharusnya ada beberapa antisipasi terhadap masalah ini,
1. apakah halte diperpanjang atau bahkan dibuat bertingkat dua.
2. armada bus diperbanyak, datang secara teratur dan berkala dalam jangka waktu maksimal 5 menit.

 
Leave a comment

Posted by on February 12, 2011 in umum

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: